Mengacu pada data Kementerian Kesehatan Indonesia menyatakan akhir Juni tahun 2019 menyebutkan lebih dari 117 ribu yang terkena dan menjadi penderita AIDS. Jumlah kasus ini tersebar di seluruh Indonesia dan terdiri dari 463 kabupaten dan kota. Tentunya dalam hal ini perkembangan dan peningkatan kasus AIDS mengalami peningkatan.

Kasus virus HIV ini sebenarnya sudah lama terjadi dan masih belum ada obat untuk menyembuhkannya. Untuk lebih jelasnya, pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya secara lebih tepat dan pasti, simak ulasan lengkapnya.

Apa itu AIDS?

AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndrome, Acquired itu adalah Immune mengenai sistem kekebalan tubuh, Deficiency berarti kekurangan dan sindrom bermakna kumpulan gejala.

AIDS sendiri disebabkan oleh virus HIV atau Human Immunodeficiency Virus yang dalam hal ini membuat sistem kekebalan dalam tubuh melawannya. Dalam hal ini sistem kekebalan tubuh kita tersebut membuat atau membentuk antibodi. Ketika melakukan pengecekan atau tes darah antibodi inilah yang bisa diketahui terdeteksi positif HIV.

Tetapi orang yang terkena HIV jelas beda dengan AIDS.

 

Baca juga:  Apa HIV Menular Melalui Pelukan?

Dalam hal ini orang yang terinfeksi HIV akan merasakan sakit dan terjadi selama bertahun-tahun, maka semakin lama orang sakit itu akan menyebabkan kerusakan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, hal-hal terkecil yang seharusnya tidak menjadi masalah malah bisa menjadi persoalan serius. Hal ini yang menjadi persoalan orang terkena HIV akan mengalami berbagai persoalan serius.

Hal Terjadi Jika Terinfeksi HIV

Jika orang yang terkena atau terpapar virus HIV, maka akan menemukan beberapa gejala layaknya terkena flu. Biasanya disertai dengan demam otot sakit, sakit kepala, dan berbagai lainnya selama kurang lebih dua mingguan. Pada tahap ini gejala tersebut akan menghilang, karena antibodi belum melihatnya sebagai ancaman.

Setelah HIV ini bermutasi dan berkembang, maka kekebalan tubuh kita akan melihatnya sebagai bentuk ancaman. Baru dalam tahap tersebut Anda akan menemukan kalau terkena virus HIV dari hasil antibodi yang muncul. Dalam tahap ini mungkin Anda akan memiliki gejala ringan seperti pilek dan flu. Namun Anda akan tetap sehat-sehat saja dan tidak ada gejalanya.

Baca juga:  Dari 2,5 Juta Pengidap Hepatitis C di Indonesia, Hanya 3.000 yang Mau Diobati

Ada yang terkena HIV dan hidup sehat selama puluhan tahun, tetapi selama masa itu ada sebuah proses yang terjadi pada kekebalan dalam tubuh Anda. Untuk mengetahui kerusakannya Anda dapat mengukur dari jumlah CD4 nya, bagi yang sehat akan mempunyai CD4 kisaran 500 sampai 1.500.

Dalam tahap inilah untuk Orang yang terinfeksi HIV dapat mengalami penurunan CD4, sehingga perlu adanya terapi.

Cara Mengetahui Apabila Terkena AIDS

Dalam tahap ini untuk mengecek dan mengetahui kalau Anda terkena AIDS adalah dari kadar CD4 nya. Apabila dibawah 200 atau dibawah 14 persen sudah dianggap penderita AIDS. lalu Anda akan merasakan penurunan berat badan berlebih dan merasakan berbagai gangguan kesehatan yang mempengaruhi.

Obat Penyembuh AIDS

Jelas sekali karena AIDS adalah sekumpulan penyakit, dia dapat disembukan. Nah untuk virus HIV sampai saat ini sudah dapat dikendalikan dengan menggunakan pengobatan ARV secara teratur.

Leave a Reply