Indonesia menempati nomor tiga di dunia dengan kasus terbanyak penyakit Tuberkulosis (TBC) setelah China dan India. Bahkan 100 ribu nyawa orang melayang setiap tahun di Indonesia. Ini menjadikan penyakit Mycobacterium tuberculosis-penyebab infeksi TB atau TBC menjadi salah satu penyakit mematikan di dunia.

Penyakit ini hinggap dan diam-diam menggerogoti paru-paru dan organ tubuh lain pada anak-anak maupun orang dewasa, tidak hanya di perkotaan, tapi juga di pedesaan. Organ yang paling banyak diserang oleh kuman TB adalah paru-paru dengan gejala batuk berdahak yang tidak kunjung sembuh selama lebih dari dua minggu.

Country Director “Koninklijke Nederlandse Centrale Vereniging tot bestridjing der Tuberculose” (KNCV) Indonesia, Erik Post mengatakan minimnya kampanye tentang bahaya penyakit ini, khususnya di kalangan kelompok masyarakat miskin menjadi salah satu faktornya.

Baca juga:  14 Siswa SD Dikeluarkan dari Sekolah karena Mengidap HIV

Kedepan pemerintah Indonesia, kata Erik harus lebih galak lagi mensosialisasikan penanggulangan penyakit TB ini di masyarakat, karena sebenarnya penyakit TB bisa disembuhkan melalui pengobatan rutin sehingga tidak menulari orang lain.

Sumber: VOA Indonesia

Leave a Reply