Stress memang menjadi salah satu kondisi dimana bisa muncul pada siapapun. Kondisi yang satu ini jelas akan membuat penderitanya merasa kurang nyaman. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena stress dapat menimbulkan perubahan mood yang tiba-tiba. Buat kamu yang sedang merasa stress, maka cara menghindari stress wajib untuk diketahui

Stress sendiri bisa muncul karena berbagai macam faktor seperti karena pekerjaan, sekolah, acara social, hubungan keluarga dan masih banyak lagi. Orang-orang yang mengalami stress berkepanjangan biasanya akan memiliki perasaan yang negative. Walaupun terlihat sepele, tetapi sebenarnya kondisi satu ini tidak boleh kamu sepelekan begitu saja. Pasalnya stress dapat meningkatkan risiko untuk terkena depresi.

Cara Menghindari Stress Paling Mudah

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menghindarkan diri kamu dari stress. Mulai dari olahraga hingga mengatur makanan apa yang akan kamu konsumsi tersebut. Untuk itulah, berikut beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mencegah dan terhindar dari stress.

  1. Cobalah untuk berolahraga secara teratur

Ketika stress sedang melandamu, maka olahraga dapat menjadi pilihan yang terbaik. Seperti yang sudah kita ketahui, olahraga sendiri memang tidak hanya baik untuk kesehatan saja tetapi ternyata juga dapat mengurangi stress seseorang.

Baca juga:  Memahami Perbedaan TBC dan Batuk Biasa

Tidak pergi ke studio gym ataupun ke tempat yoga, karena kamu bisa langsung berjalan kaki di sekitar rumah. Dengan berolahraga maka dapat melepaskan hormone endorphin sehingga dapat meningkatkan suasana hati kamu lebih baik. Selain berjalan kaki, sejumlah gerakan yoga selama 20 menit juga dapat mengurasi stress.

  1. Cobalah mendengarkan music

Masih ada cara lainnya yang bisa kamu pilih agar bisa terhindar dari stress yakni dengan mendengarkan music. Cobalah mengistirahatkan tubuh kamu sejenak dari padatnya aktivitas yang padat. Dan dengarkan lagu kesayanganmu untuk menenangkan.

Banyak penelitian yang membuktikan apabila dengan mendengarkan music akan memberikan efek positif pada otak dan tubuh. Selain itu juga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi kortisol.

  1. Memulai mengelola waktu dengan baik

Penyebab stress yang terjadi pada kamu bisa saja diakibatkan karena kesulitan buat mengelola waktu dengan baik bukan. Terutama buat kamu yang memiliki jadwal cukup padat. Karena jadwal terlalu padat dan tidak mampu mengelola waktu dengan baik inilah dapat menjadi pemicu stress.

  1. Mendapatkan tidur cukup

Tidur sendiri memang menjadi bagian yang cukup penting untuk kesehatan mental seseorang. Adapun waktu ideal tidur untuk orang dewasa adalah 7-8 jam sehari. Apabila kamu memiliki waktu tidur kurang dari itu maka bisa jadi penyebab stresmu adalah karena kurang tidur.

Baca juga:  Apa itu Penyakit Tuberkulosis?

Untuk itulah cobalah dapatkan tidur yang cukup terutama ketika malam hari. Kurang tidur dapat menyebabkan berbagai macam masalah seperti dapat mengganggu suasana hati kamu tersebut.

  1. Makan dengan cara benar

Makan makanan dengan kandungan nutrisi baik dan mengikuti diet sehat ternyata juga dapat menjadi salah satu cara yang bisa kamu gunakan agar terhindar dari stress. Cobalah lebih banyak mengkonsumsi sayuran maupun buah-buahan. Makanan seperti almond, pisang dan susu dapat membantumu mengelola stress.

  1. Cobalah bicarakan dengan orang-orang terdekat

Masih ada cara lainnya untuk mencegah stress agar tidak berkepanjangan yakni dengan membicarakan kepada orang-orang terdekat. Cobalah bicarakan masalah apa saja yang sedang menimpamu tersebut kepada mereka.

Stress memang menjadi sala satu kondisi dimana dapat muncul pada semua orang. Walaupun terlihat sepele tetapi jangan pernah menyepelekan stress. Itulah mengapa kamu wajib mengetahui bagaimana cara agar terhindar dari stress.

One Response

Leave a Reply