Ada perbedaan yang jelas antara pasien Tuberkulosis (TBC) dengan pasien batuk biasa, hal ini dapat ditandai dengan beberapa hal. Dari segi intensitas dan penyebabnya dapat dibedakan dengan mudah, tetapi dalam hal ini Anda perlu pemahaman yang jelas. Agar tidak asal mendiagnosis dan mengalami panik secara berlebihan.

Dalam tahap ini, Tuberkulosis atau TBC disebabkan oleh kuman dan menyerang bagian paru-paru, biasanya pasien akan merasakan batuk. Namun terkadang hal ini membuat banyak orang yang tidak waspada dan hanya menganggapnya batuk yang sering terjadi pada umumnya.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya secara lengkap.

Perbedaan TBC dan Batuk Biasa

Sebenarnya untuk melihat perbedaannya Anda dapat melihat dari durasi terjadinya batuk tersebut, apabila kurang lebih 3 minggu mengalami batuk Anda perlu periksa. Karena bisa jadi hal tersebut menjadi masalah atau terkena TBC.

Berikut ini ada beberapa perbedaan lainnya yang dapat Anda perhatikan, yaitu :

1. Terdapat Perbedaan

Batuk biasa disebabkan oleh keadaan lingkungan yang kotor seperti berdebu, penuh asap polusi, dan sebagainya. Biasanya batuk biasa dialami oleh orang yang memiliki riwayat sakit asma dan diserang oleh berbagai virus. Apalagi untuk orang yang sensitif, sering sekali merasakan batuk apabila berada pada lingkungan atau udara yang kurang bersih.

Baca juga:  Apa HIV Menular Melalui Pelukan?

Berbeda dengan tuberkulosis atau TBC, penyakit satu ini disebabkan oleh penyebaran kuman atau bakteri yang dikenal Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini sangat mudah menginfeksi melalui udara, apabila Anda berada dekat dengan pasien TBC dan berdekatan bisa jadi Anda memiliki resiko yang tinggi terpapar penyakit tersebut.

2. Terdapat Gejala Lain

Untuk membedakannya Anda dapat melihat dari gejala yang ditimbulkan, pasien TBC akan mengalami batuk yang durasinya sangat lama kurang lebih 3 minggu. Tidak hanya itu saja pasien akan mengalami batuk dengan dahak kental dan berdarah. Selanjutnya Anda akan merasakan demam tinggi, sesak napas, merasakan nyeri dada, dan beberapa faktor lainnya.

Apabila batuk biasa, Anda mungkin akan merasakan demam. Namun untuk durasinya akan sembuh dalam beberapa hari saja. Tidak selama ketika Anda terkena TBC, sehingga Anda cukup minum beberapa obat harian saja dan tidak perlu membutuhkan berbagai perawatan khusus. Karena akan sembuh dengan sendirinya dan tidak akan lama mengalami gejalanya dan akan cepat kembali sehat.

Baca juga:  Seorang Pasien Tertular HIV Saat Kemoterapi

3. Proses Kemunculannya

Umumnya orang yang mengalami batuk biasa akan terkena secara tiba-tiba atau mendadak dan akan mengalami kesembuhan dalam waktu yang dekat. Berbeda dengan TBC yang kemunculannya bertahap. Karena harus menunggu kuman atau bakterinya menjadi aktif terlebih dahulu agar gejalanya akan muncul.

Pada tahap ini penyakit TBC terjadi pada tahap laten atau permulaan, dimana bakteri sudah berada dan masuk pada paru-paru dan belum dapat menyebarkan penyakitnya. Namun memasuki tahap aktif, penyakitnya sudah memunculkan beberapa gejala dan sudah bisa menginfeksi orang-orang sekitarnya melalui udara.

4. Kesehatan Tubuh

Untuk pasien batuk biasa dalam hitungan hari akan hilang dan tidak merusak serta mempengaruhi kesehatan tubuh atau organ lainnya. Berbeda dengan TBC yang menyebabkan beberapa penyakit lainnya. Biasanya merusak ginjal, tulang belakang, dan ada beberapa kasus yang menyerang otak.

Dalam hal ini Anda perlu melakukan pemeriksaan dan tindakan medis lainnya. Karena jika sudah menginfeksi tulang belakang dan ginjal akan merasakan nyeri serta sakit yang luar biasa. Oleh karena itu, apabila beberapa gejala batuk dan berdarah lebih baik untuk memeriksakan secara cepat agar dapat menyembuhkannya.

2 Responses

Leave a Reply